Inggris Kirim Pesawat Mata-mata ke Mali


LONDON -- Inggris mengirim sebuah pesawat pengintai berawak Sentinel ke Afrika untuk mendukung operasi pasukan Prancis dan Mali memerangi militan garis keras di negara Afrika Barat tersebut. Demikian diumumkan Kementerian Pertahanan Inggris pada Jumat.

Pesawat itu akan melengkapi dua pesawat angkut militer C-17 yang sudah disediakan oleh Inggris.

"Kami telah memutuskan mengirim pesawat Sentinel yang kemampuan pengintaiannya telah terbukti di Libya dan menjadi landasan bagi operasi kontra-pemberontakan di Afghanistan," kata Menteri Pertahanan, Philip Hammond, dalam sebuah pernyataan.

"Kami juga setuju tetap menyediakan pesawat angkut alat berat C-17 yang sudah memberikan dukungan logistik penting dalam beberapa hari ini," katanya.

Inggris mengangkat masalah ancaman kelompok garis keras Afrika setelah serangan militan terhadap sebuah kompleks ladang gas Aljazair pekan lalu menewaskan sedikitnya 38 orang. Sebagian besar korban tewas merupakan warga asing.

Prancis, yang bekerja sama dengan militer Mali, pada 11 Januari meluncurkan operasi ketika militan mengancam maju ke ibu kota Bamako.

Mali, yang pernah menjadi salah satu negara demokrasi yang stabil di Afrika, mengalami ketidakpastian setelah kudeta militer pada Maret 2012 menggulingkan pemerintah Presiden Amadou Toumani Toure.

Masyarakat internasional khawatir negara itu akan menjadi sarang baru teroris. Mereka mendukung upaya Afrika untuk campur tangan secara militer. PBB telah menyetujui penempatan pasukan intervensi Afrika berkekuatan sekitar 3.300 prajurit di bawah pengawasan kelompok negara Afrika Barat ECOWAS.

Kelompok garis keras, yang kata para ahli bertindak di bawah payung Al Qaida di Maghribi Islam (AQIM), saat ini menguasai kawasan Mali utara. Luasnya lebih besar daripada Prancis.

Militan garis keras Ansar Dine (Pembela Iman) merupakan salah satu dari sejumlah kelompok terkait Al Qaida yang mengusai Mali utara di tengah kekosongan kekuasaan akibat kudeta militer pada 22 Maret di wilayah selatan.REPUBLIKA.CO.ID, http://blogger-paluta.blogspot.com/2012/11/bersosialisasi-yang-menguntungkan.html

Artikel Terkait

Ditulis Oleh : Halim Regar~ Blogger-Paluta

Halim Regar Sobat sedang membaca artikel tentang Inggris Kirim Pesawat Mata-mata ke Mali. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Gambar Komentar

Silahkan tinggalkan komentar sobat dan dapatkan backlink satu arah langsung ke blog sobat dengan widget top komentator yang saya pasang di sidebar blog ini. Caranya dengan menjadi pemberi komentar terbanyak di blog ini, tapi mohon jangan Nyepam ya..! Komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.

 
Copyright © 2011 Memberi | Powered by Blogger
Design by Halim Regar |