Iran VS AS : Iran Gelar Latihan Militer Besar - Besaran

IRAN VS AS
Iran Vs AS Iran menghelat latihan militer besar-besaran di separuh wilayah negara pada Senin (12/11). Latihan tersebut digelar menyusul tuduhan AS atas pesawat tempur Iran yang
menembaki pesawat tanpa awak atau drone AS.

Latihan militer berlangsung selama sepekan di 850 ribu kilometer persegi baik di wilayah Iran Timur Laut, timur maupun wlayah tenggara. Sekitar 8 ribu pasukan baik tentara elit maupun regular berpartisipasi pada latihan tersebut.

Bom dan pesawat tempur digiring ke tempat latihan. Rudal, altireli dan sistem pengawsan diuji coba. Bahkan Manuver "Velayat-4" akan terlibat dalam latihan yang disebut sebagai latihan udara terbesar Iran yang pernah diadakan.

Juru Bicara program pelatihan, Shahrokh Shahram menuturkan, latihan tersebut sebagai pesan perdamaian negara. Selain itu juga sebagai jawaban atas peringatan keras yang didapat negara. "Ini latihan menyampaikan pesan perdamaian dan keamanan negara regional. Pada saat yang sama mereka mengirimkan peringatan keras yang mengancam iran," ujarnya.

Pekan lalu, Markas Besar Departemen Pertahanan AS, Pentagon mengatakan pesawat Iran menembaki sebuah Drone AS di kawasan udara internasional. Pesawat tanpa awak tersebut saat itu tengah bertugas melakukan pengintaian diatas perairan Teluk Arab. Pihak Iran pun menjawab tudingan Pentagontersebut. Militer Iran menyatakan pesawat AS tersebut telah melanggar wilayah udara Iran.

Meski demikian, latihan udara tersebut disinyalir tak berkaitan dengan insiden tersebut. Pasalnya, latihan telah direncanakan sejak lama.

September lalu, Komandan Tentara Angkatan Pertahanan Udara, Farzad Esmmaili telah menyampaikan akan merencanakan latihan udara besar-besaran dalam beberapa bulan mendatang.

Beragam radar, sistem keamanan dan siasat juga akan menjadi bagian latihan. Penyulut bom, pengisian bahan bakar dan pesawat tanpa awak juga akan diuji coba. Koordinasi antara militer Iran dan kelompok kesatuan elit Garda Revolusi akan ditingkatkan melalui latihan tersebut.

Sebelumnya Komandan Garda Revolusi, Amir Ali Hajizadeh mengatakan pesawat tanpa awak AS tengah memata-matai kapal tanker minyak di lepas pantai Iran. Komandan pengawal Militer Iran, Mohammad Ali Jafari menyatakan pasukannya telah bersikap baik dengan memukul mundur drone AS tersebut tanpa menjatuhkannya. "Jika gangguan tersebut terjadi lagi, kami akan melindungi wilayah udara kami," kata Jafari.

Tahun ini, Iran telah menghelat beberapa kali latihan militer. Pada bulan Juli digelar latihan rudal "Great Prophet 7". Kemudian pada Bulan Agustus lalu, Iran juga mengumumkan telah menguji coba rudal jarak pendek dengan sistem baru yang mampu menembus lahan dan target laut.



Komandan: Iran Produksi Masal Drone Jenis Pengebom

Islam Times- "Saat ini Iran telah memproduksi berbagai jenis UAV dengan jenis dan varian berbeda dengan kemampuan mengebom",
Komandan Basiji, Brigadir Jenderal Mohammad Reza Naqdi
Komandan Basiji, Brigadir Jenderal Mohammad Reza Naqdi

Iran berhasil memproduksi sejumlah besar Unmanned Aerial Vehicles (UAV) dengan teknologi hi-tech yang jauh lebih maju dari drone yang diterbangkan di Israel oleh Hizbullah, kata Komandan Basiji (relawan) Brigadir Jenderal Mohammad Reza Naqdi, Minggu, 11/11/12.

"Saat ini Iran telah memproduksi berbagai jenis UAV dengan jenis dan varian berbeda dengan kemampuan mengebom", kata Naqdi kepada wartawan di Tehran dan menambahkan, "kemajuan itu dibuat saat kita berada di bawah sanksi ketat oleh kekuatan dunia".

"Hari ini, kita bahkan bisa mengatur parade UAV kami yang berbeda," tambahnya.

Pada bulan Oktober lalu, pesawat tak berawak Hizbullah menembus perisai rudal Israel dan mencapai pusat sensitif nuklir rezim Israel di gurun Negev.

Mengomentari penyusupan drone Hizbullah tersebut, Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Ahmad Vahidi mengatakan bahwa pesawat tak berawak Hizbullah yang teknologinya milik Iran itu bukanlah UAV yang paling maju yang pernah dibuat oleh Iran.

"Jelas, Drone tersebut bukanlah produk teknologi terbaru Iran."(REPUBLIKA.CO.ID)

Artikel Terkait

Ditulis Oleh : Halim Regar~ Blogger-Paluta

Halim Regar Sobat sedang membaca artikel tentang Iran VS AS : Iran Gelar Latihan Militer Besar - Besaran. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Gambar Komentar

Silahkan tinggalkan komentar sobat dan dapatkan backlink satu arah langsung ke blog sobat dengan widget top komentator yang saya pasang di sidebar blog ini. Caranya dengan menjadi pemberi komentar terbanyak di blog ini, tapi mohon jangan Nyepam ya..! Komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.

 
Copyright © 2011 Memberi | Powered by Blogger
Design by Halim Regar |